RSS

Delayed Cord Clamping, berapa lama sih?

16 Jan

Delayed Cord Clamping : PENUNDAAN PENGEKLEMAN DAN PEMOTONGAN TALI PUSAT

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan “waktu yang optimal untuk menjepit tali pusar untuk semua bayi tanpa memandang usia kehamilan atau berat badan janin adalah ketika sirkulasi atau denyutan di tali pusar telah berhenti, dan tali pusar ini datar dan pulseless (sekitar 3 menit atau lebih setelah lahir)

Manfaat Delayed Cord Clamping :

  • Peningkatan kadar hematokrit dalam darah.
  • Peningkatan kadar hemoglobin dalam darah.
  • Penurunan angka Anemia pada bayi
  • Penurunan resiko jaundice/bayi kuning

Begitu bayi mulai bernapas dan mencapai volume sirkulasi darah normal, tali pusar akan berhenti berdenyut (tali piusar akan tampak putih dan lembek). Hal ini dapat memakan waktu sekitar 3 sampai 7 menit untuk bayi melakukan transisi dan untuk membentuk volume darah normal dalam tubuhnya secara fisiologis, tetapi proses ini dapat memakan waktu lebih lama untuk beberapa bayi.

Hanya karena tali pusat telah berhenti berdenyut tidak berarti tali pusat menjadi tidak berguna lagi. Ada yang masih mengalir ke dalam darah bayi. Setelah mencapai volume darah optimal pada bayi, sisa dari jaringan akan menutup secara aktif. Penutupan semua jaringan TIDAK terjadi ketika tali pusat tampak berhenti berdenyut. Tali pusat dapat terus berdenyut sekitar 2 hingga 3 jam.

Penundaan penjepitan dan pemotongan tali pusat tidak akan mengakibatkan darah bayi keluar atau terjadi perdarahan karena ada yang disebut Wharton Jelly.

Wharton jelly, ini adalah zat yang mirip gelatin. Zat ini bentuk awal pada saat kehamilan dan menjaga pembuluh darah pada bagian tali pusat tetap terlindungi. Wharton jelly adalah sumber yang kaya sel induk.Wharton jelly sebagian besar terdiri dari mucopolysaccharides (Asam hyaluronic dan kondroitin sulfat). ini juga berisi beberapa fibroblas dan makrofag. Wharton jelly, bila terkena perubahan udara dan suhu, akan memberikan efek fisiologis yaitu otomatis mengeklem tali pusat , rata-rata berlangsung dalam 5 s.d 15 menit setelah lahir. jadi sebenarnya gak perlu di klem wong nanti ngeklem sendiri.

Masalah penundaan pemotongan tali pusat ini malah sedang diteliti oleh The Jeeva Project = dimana Plasenta beserta talipusatnya di hangatkan di air hangat pada bayi dengan Asfiksia & stillborn…beberapa kasus ternyata bayi yang asfiksia bahkan yang meninggal beberapa menit (paling lama 2 jama) bisa hidup gara-gara tindakan ini..mengapa ini terjadi karena teori wharton jelly tadi yang mana dia akan berperan sebagai penjepit alami ketika ada perubahan suhu nah diproject ini plasenta dan talipusat di kondisikan tetap berada dalam kondisi lembab dan hangat supaya efek klem lebih lama jadi, darah yang kaya oksigen dari plasenta masih ada waktu lebih lama untuk mengalir ke tubuh bayi. penelitian ini sedang dilakukan dan Sedang diteliti di Bihar. Delhi , Ghana dan bangladesh, eutopia dan filipin project nya selesai rencananya th 2013/2014 besok. Bumi Sehat juga terlibat di project ini.

Nah jadi…bisa di pahami ya..bagaimana ajaibnya plasenta dan tali pusat…

Sumber : http://www.bidankita.com

 

 
Leave a comment

Posted by on 01/16/2012 in Bunda

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: